Teknik Aman Proses Registrasi Domain di WHMCS

Posting ini saya buat karena ada beberapa klien kami yang kesulitan atau ragu dalam proses aktifasi sebuah domain pada billing WHMCS. Dimana kadang mereka kesulitan bahkan melakukan kesalahan eksekusi aktifasi domain, sampai ada yang dobel registrasi, salah renew atau transfer. Untuk mengatasi itu Saya berikan langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

Terdapat 3 langkah mudah dan aman untuk memproses aktifasi domain. Syaratnya adalah WHMCS sudah terseting registrar untuk domainnya. Kalau ini tidak ada, ya tidak bisa proses otomatis aktifasi domain, sebab fungsi dari WHMCS sendiri adalah memudahkan segala proses aktifasi, mulai dari hosting hingga domain, asalkan semua sudah terintegrasi dengan sesuai dan benar.

Pada Menu ORDERS > LIST ALL ORDER > Klik Order ID yang akan di proses, Lalu akan menampilkan halaman Manage Orders seperti gambar diatas.

STEP 1. Eksekusi Pembayaran

Lalu Klik kanan dan Open Link in New Tab pada bagian Invoice# akan menampilkan gambar seperti dibawah ini:

Pastikan pembayaran sudah diterima lalu lakukan Add Payment pada Tab Add Payment dan Input Transaction ID (Diisi terserah yang unik dan berbeda dengan ID lainnya misalkan 23032012-BCA) lalu klik tombol Add Payment.

STEP 2. Eksekusi Aktifasi Domain

Kembali ke halaman Manage Orders tadi, klik kanan untuk Open Link in New Tab pada link Domain akan menampilkan gambar seperti dibawah ini:

Pada bagian tab Domains ini, pilih Registrar ke registrar yang akan di pilih untuk register domain, lalu Save

Kemudian pada bagian Registrar Commands Klik Tombol Register, akan menampilkan gambar seperti dibawah ini:

Isikan Nameserver1 dan Nameserver2
Cawang Confirmation Email saat Domain Sukses terdaftar. (untuk ini, saya tidak lakukan cawang send confirmation email, karena kami memiliki beberapa registrar berbeda dan confirmation emailnya pun kami buatkan berbeda pada template Domain Registration Confirmation Email, sehingga confirmation email akan disesuaikan dan di kirimkan pada proses selanjutnya).

Lalu pada Are you sure you want to Register this domain? klik tombol YES untuk proses.
Selesai! dan Domain Sukses. terdaftar!

Kembali kebagian tab Domains, cek Expiry Date dan Next Due Date apakah sudah sesuai atau belum juga STATUSnya apakah Aktif. Jika sudah maka SAVE dulu. Kemudian lakukan pengiriman info registrasi domain yang sesuai dengan template email konfirmasi registrasi domain di bagian bawah yakni Send Message seperti gambar berikut:

STEP 3. Eksekusi Accept Order

Kembali dibagian halaman Manage Orders tadi, coba refresh browser, maka tampilan status dan payment status akan berubah menjadi Aktif dan Complete. Terakhir, klik tombol Accept Order.

Mudah bukan? proses diatas itu saya lakukan setiap kali dalam mengeksekusi pendaftaran domain lwat WHMCS, untuk menjaga kesalahan, karena WHMCS sifatnya otomatis, sekali salah klik maka akan memproses tanpa bisa membatalkan dengan cara stop browser. Semoga bermanfaat. Mohon tanggapan dan masukkannya yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *