Tips mengamankan account cPanel Anda dari serangan Hacker

Dengan banyak kejadian serangan hacker dimana website Anda menjadi rusak dan berganti isi file, bahkan menghapus semua isi file yang ada serta merubah database yang ada. Ini biasa disebut deface, serangan kecil dari hacker ke akun cPanel namun menjadikan mimpi buruk buat yang tidak memiliki backup website. Berikut panduan dan tips dari kami.

Ubah Password cPanel
Poin utama yang harus dan rutin anda lakukan dengan mengganti password cPanel anda. Untuk menjaga agar password lama anda tidak berubah dengan sendirinya akibat ulah jahil para hacker.

Ubah User dan Password MySQL Database
Sangat penting untuk dilakukan perubahan secara berkala untuk user dan password database anda. Kerap kali hacker masuk dan melakukan SQL injection dengan menanamkan file shell, kemudian dapat mengetahui user dan password database melalui scanning databases lewat jumping antar akun cpanel.

Ubah Password Webmail Account
Ini juga sering terjadi untuk proses spamming email, dimana kadang akun webmail anda jebol dan dengan bebas diakses untuk proses spamming. Silahkan lakukan update password berkala.

Update Versi CMS Terbaru
Disini kami tidak menjelaskan nama plugin apa saja yang berbahaya dan harus tidak dipakai, berhubung banyak sekali plugin yang berbahaya dan tidak terupdate oleh pembuatnya. Sehingga kesimpulannya adalah plugin yang dibuat tidak menjamin untuk keamanan website jika sudah terpasang.
Berikut sedikit saran kami untuk memilih plugin adalah:
– Cek terlebih dahulu via Google plugin yang akan dipakai apakah itu termasuk plugin berbahaya atau tidak.
– Gunakan plugin yang telah memiliki reputasi baik, seperti jumlah download, jumlah pemakai, komentar pemakai.
– Kunjungi juga website pembuat plugin tersebut, cek baik-baik update versinya, serta komentar dari pemakai.
– Scan plugin sebelum melakukan instalasi dengan Andtivirus agar aman saat upload
– hapus plugin-plugin yang tidak berguna dan berbahaya

Backup Berkala Account cPanel
Jangan meremehkan yang namanya Backup!  bagi yang sudah merasakan rusak dan hilangnya data akibat ulah hacker tentu sudah memahami peranan penting Backup. Disarankan untuk melakukan backup secara rutin, simpan data backup ke PC anda, jangan disimpan di file manager cPanel.

Hindari Warnet atau Internet Public
Ini juga penting, untuk mengindari warnet atau internet publik disaat mengakses cPanel website Anda. Gunakan selalu personal komputer atau laptop peribadi Anda.

Sekian informasi ini kami buat untuk mengindari dan mengantisipasi rusaknya data website Anda dari serangan hacker. Dan jangan lupa berdoa supaya website Anda akan terus aman dari gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *