Cara Setting Child Name Servers pada Panel Domain Manager

Panduan berikut ini kami berikan untuk memudakan klien atau pengguna panel domain sehingga dapat menyeting dengan benar pada bagian child name server domain, sehingga name servers dapat terUpdate dengan benar dan sukses.

Adapun fungsi setting dengan penambahan IP serta deklarasi hostname baru sesuai nama domain nya agar nameserver custom dapat dipakai. Jika pada child name server ini tidak di setting IP, maka proses custom name server tidak berhasil atau tidak dikenali.

Caranya sebagai berikut:

1. LOGIN ke panel domain Anda, jika belum mengetahui URL login panel domain, bisa kontak kami.

2. Pada area member panel domain, klik Product > List All Orders, kemudian pilih / klik nama domain yang ingin Anda setting. Gambar contoh seperti diatas.

3. Sehingga akan menampilkan OVERVIEW nama domain yang Anda pilih untuk di setting seperti gambar diatas. Lalu turun lihat kebawah dan Klik Child Name Servers seperti gambar dibawah ini.

4. Pada bagian ini, Anda diwajibkan untuk mengisi dengan lengkap IP serta custom hostname yang akan dipakai.

Keterangannya:

Isikan satu persatu pada tiap baris seperti gambar diatas dan SAVE, kemudian isikan lagi pada baris ke-2 lalu SAVE.

Hostname yang HARUS digunakan adalah sesuai nama domain yang di set, jadi misalkan nama domain anda adalah: namadomain.com, dan custom hostname yg ingin dipakai misalkan ns1 dan ns2, maka set sesuai seperti contoh gambar diatas. NS1/NS2 bisa diganti sesuai keinginan Anda.

IP harus mengarah ke server dimana hosting berada, biasanya memiliki 2 IP yang bisa digunakan, jika tidak tahu IP yang berada diserver hosting Anda, silahkan kontak kami.

 

5. Setelah Child Nameserver ter setting sukses, maka selanjutnya mengubah data pada Name Servers seperti gambar diatas, lalu menampilkan Manage Name Servers seperti gambar dibawah ini.

6. Isikan Nameserver 1 sampai 2 dengan settingan hostname pada Child Name Servers yang sudah terbuat. Jika benar, maka proses update name servers diatas akan Sukses di SAVE, namun jika salah maka coba dilakukan perbaikan pada Child Name Servers.

Proses Update Name Servers pada domain panel ini akan merubah nameserver pada domain, proses propagasi tidak bisa instan, biasanya menunggu maksimal 1×24 jam paling lama tergantung koneksi domain dan server.

Untuk mengetahui kondisi perubahan update name servers ini bisa menggunakan tools seperti berikut:

http://intodns.com
http://network-tools.com

3 thoughts on “Cara Setting Child Name Servers pada Panel Domain Manager

  1. Salaf says:

    Akhirnya bisa juga setting Name Servers. Terimakasih panduannya.

  2. JrrMaster says:

    Gan, ane mau tanya dikit ya.. klo ane setting Child NS di server hosting lain, apa setting DNS management ane tetap berfungsi?
    Terima kasih.

    • Adam Ariesna says:

      Kalau Nameservers domain pakai Child NS yang custom dan bukan pakai NameServers dari DNS Management nanti yang settingan yg sudah dibuat di DNS Management gak berfungsi. Soalnya Nameservers membaca ke Child NS yang diset sebagai NameServers. ex. NS1.NAMADOMAIN / NS2.NAMADOMAIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *